Cara mudah menyetem gitar

Akhirnya sempat juga nih ngebuka blog, setelah sekian lama vakum. Kali ini aku mau berbagi dikit nih buat yang baru belajar main gitar, kayak aku. Mungkin bagi teman-teman yang baru belajar, atau baru bisa main gitar terkadang urusan stem menyetem biasanya diserahkan ke orang lain yang lebih pandai dalam memainkan alat musik genjreng ini. Contohnya : aku sering minta tolong sama preman atau uda-uda yang sering main gitar di warung-warung atau yag lagi nongkrong di depan komplek. Walaupun dengan resiko digangguin sih, hahahaha.

Nah, karena kapok digangguin itu aku berusaha untuk ‘belajar’ sendiri menyetel nadanya. Terlebih lagi setelah aku dapat gitar baru (gitar yang lama rusak sih, :'(). Nggak mungkin dong setiap nadanya fals aku harus nyari-nyari preman terus. Ckckckckckckck.

Mulai dari bertanya ke teman-teman yang pinter main, guru les, orang yang jualan gitar, sampai pengamen (yang belakangan bohong :)). Dan ilmu yang didapat pun luar biasa. Mulai dari penjelasan simpel, ngawur, sampai yang ribet–menjelaskan soal nada-nada yang terkadang sulit dipahami, udah kudengar. Hasilnya : aku nggak ngerti sama sekali. Haaaahh…

Sebelum ngerasa bodoh, akhirnya aku minta tolong ke mbah dukun–eitss, mbah Google maksudnya. Dan hasilnya luar biasa, langsung sukses sekali coba. Hhehehehe.

Jadi nggak ada salahnya juga kalo aku berbagi ke teman-teman yang senasib sepenanggungan denganku. Yaaah, itung-itung amal juga sih. Hehehehe

Yaudah, cekidot aja nih :

Putar perlahan tuner (penala) gitar, lalu petiklah perlahan, bandingkan dengan senar lain hingga bunyinya sama, lalu aturlah dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Nada Senar no 1(E) los senar = Nada senar no 2(B) fret ke 5 (petik senar kedua dengan jari tangan satunya menekan senar no 2 pada fret ke 5)
  1. Nada Senar no 2(B) los senar = Nada senar no 3 fret ke 4 (petik senar ketiga dengan jari tangan satunya menekan senar no 3 pada fret ke 4)
  1. Nada Senar no 3(G) los senar = Nada senar no 4 fret ke 5 (petik senar keempat dengan jari tangan satunya menekan senar no 4 pada fret ke 5)
  1. Nada Senar no 4(D) los senar = Nada senar no 5 fret ke 5 (petik senar kelima dengan jari tangan satunya menekan senar no 5 pada fret ke 5)
  1. Nada Senar no 5(A) los senar = Nada senar no 6 fret ke 5 (petik senar keenam dengan jari tangan satunya menekan senar no 6 pada fret ke 5)

Los senar adalah senar yang bebas, tanpa di petik, tanpa jari kita di fretboard.

Untuk aturan frekuensi nada musik baik vokal maupun instrument musik sebenarnya sudah mengikuti standar yang berlaku secara internasional Adapun nada yang dijadikan standar internasional adalah nada A dengan frekuensi 440Hz(hertz), sehingga alat musik modern(tradisional seperti gamelan misalnya tidak mengikuti standar tsb) dimanapun di dunia akan mengikuti standar tersebut. Nah pertanyaannya adalah: bagaimana kita tahu kalo nada A pada gitar ketika sudah kita stem = 440Hz? . Kita perlu menggunakan alat ukur nada yang standar, yaitu:
  1. bisa menggunakan sebuah garpu tala (bisa dibeli di toko musik), cara memakainya cukup pukulkan garpu tala ke obyek tertentu(meja misalnya) maka akan berbunyi sesuai dengan nada tertentu, tiap garpu tala punya nada tertentu, biasanya C atau A(bawaan pabrik)
  2. dengan menggunakan digital guitar tuner (bisa dibeli di toko musik juga), cara memakainya, biasanya ada semacam buku panduan yang disertakan ketika kita membelinya.

Nah, itu ilmu yang aku dapat dari mbah google. Walaupun dari beberapa sumber sih. Selamat mencoba yah, mudah-mudahan berhasil n makin ketagihan mainnya.

 

Source : Budi’s personal blog, (dengan beberapa perubahan) dan artikel-artikel lainnya yang senada.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s