Dilemma Korean Wave

Tulisanku kali ini lebih kepada pendapat pribadi sih, ya setelah banyak yang kuamati selama ini. It’s probably boring for readers, but if you curious, you can keep read it ’till the end. Tulisan ini jujur pendapat pribadiku.

Aku bosan banget, muak atau apalah namanya dengan kehebohan tersendiri yang dibuat teman-teman, kerabat, atau bahkan saudara-saudaraku sendiri ketika menonton, mendengarkan musik, bahkan news hunting artis Korea. Apa yang spesial dengan orang-orang Korea itu? Setahuku mereka hanyalah orang biasa seperti kita.

Mungkin aku terlalu bodoh kalo aku nggak pernah dengar lagu-lagu Korea, melihat film Korea, atau nggak tahu negara Korea Selatan. Aku tahu, dan aku nggak sebodoh itu. Jadi aku akan membuat beberapa poin yang menurutku terlalu konyol mengenai Korean wave–atau apalah..

  • Ketika aku mendengarkan musik korea, aku di cap sebagai pecinta Kpop.
    Ah, c’mon, music is universal. Lagipula aku hanya tahu apabila mendengarkannya, penyanyinya? Judul lagunya? Penyanyinya sudah punya pacar atau belum? Model rambutnya? Umurnya? What the fuck, man. I dont give a damn for it.
    Aku bahkan nggak ngerti bahasa Korea. Secara musiknya? Aku nggak in dengan musik mereka yang cenderung ke dance. Tapi kalau yang rock, atau yang berbau distorsi? Mungkin masih bisa ditoleransi oleh telingaku yang kasar ini. :O
  • Ketika aku nonton drama Korea, film korea, aku dikira keranjingan Kdrama.
    Ini lagi. Aku memang hobi nonton, terutama action, dan drama korea yang pertama kali aku ikuti itu City Hunter. Sebatas itulah aku tahu Lee Min Ho. Lalu aku bertanya kepada salah seorang temanku yang fanatik Kdrama, geli banget deh waktu dia bilang : ” Haaa, Sanders pecinta drama Korea ya ternyata?” atau, ” Tumben, biasanya kelainan sendiri…”
    Ya ampuunnn, memangnya kalau hanya menonton dan bertanya, sudah pasti ya seseorang itu suka hal itu? Gimana ceritanya kalau aku tanya film buatan Amerika? Apa sudah pasti aku suka semua film produksi Hollywood itu? Think about it, guys.
  • Ketika aku berbahasa Korea, berpakaian ngejreng, merencanakan liburan atau internship ke Korea Selatan, aku dikira ketularan virus Korean wave.
    Dont be ridiculous, guys. Aku tahu sedikit mengenai Bahasa Korea karena aku sempat latihan Tae Kwon Do, seni beladiri dari negeri Ginseng tersebut. Hana, Dul, Set, atau Ijang, Illjang, Sam, alias satu, dua, tiga merupakan kata yang sering kami gunakan ketika berlatih. Begitu juga dengan sunbae, sabeom.
    Dan yang lebih konyol lagi ketika aku berpakaian ngejreng, pasti dikira penggemar Kpop. Oke, sekarang kiblat fashion dunia, terutama negara-negara di Asia sudah pindah ke Korea Selatan. All I know is just wearing good outfit, aku mana tahu kalo baju yang aku pakai itu berasal dari mana, aku nggak ngerti fashion. Kalo pakaian yang aku pakai sehari-hari bagus, dan matching, berarti selera fashionku nggak terlalu buruk. Hahahahahaha 😀
    Internship to South Korea? Orang bodoh mana yang mau menolak? Setidaknya yang tak mengerti apa-apa pun pasti mau kan ke luar negeri? Oh my god takes three -____________-

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang menurutku konyol, tapi setidaknya tiga hal diatas sudah cukup menggambarkan betapa gilanya mereka. Aku nggak menyalahkan orang2 yang hobi Kpop. Selera kita beda, aku hargai itu, akan tetapi aku agak miris–dari sudut pandangku, ya konyol aja sampai-sampai berdakwah sehingga mencap seseorang penggemar hanya karena hal sepele yang mungkin sama. For me, it’s okay to idolize someone. But trying to be someone you idolizes, you better not. Eh~~nggak nyambung ya? ::get hammer::

Intinya, aku agak risih aja sama saudara-saudaraku yang sangat mengelu-elukan artis korea, mencari tahu tentang berita terbaru mereka–bahkan berdakwah untuk menyebarkan virus Korean Wave. Mungkin kesannya terlalu menjudge ya, tapi ini lah pendapatku. Kita bebas berpendapat kan?

Leave a Reply

