Facebook, positif atau negatif?

Zaman memang sudah berubah. Saat ini sudah zamannya digital, semuanya dimanjakan dengan sarana digital. Istilahnya, apa-apa tinggal klik. Mau belanja bisa di klik, mau bisnis, tinggal slide, mau transaksi tinggal pencet. Hampir semua kalangan dapat menikmati kecanggihan teknologi, setidaknya untuk bermain game, sekedar membuka jejaring sosial, ataupun yang lainnya. Berhubung saya bukan game-freak, jadi saya nggak akan membahas game–takut salah. Hehehe 😀

Oke, yang paling sering saya amati, perhatikan–apapun bahasanya–ketika surfing internet adalah jejaring sosial, terutama Facebook. Siapa yang nggak tau? Ketinggalan banget deh. Saking canggihnya teknologi, bersosialisasi pun bisa dilakukan dari rumah, tanpa harus face-to-face. Terkadang, orang-orang yang menikmati sosialisasi ala hi-tech ini bisa dikatakan bego, bodoh, fool, bad ass, stupid, lebay, alay, atau apalah. Istilah bego dan teman-temannya itu ditujukan untuk mereka yang menurut pendapat saya agak ‘berlebihan’ dalam ber-facebook ria.

Kenapa begitu? Inilah beberapa hasil pengamatan saya setelah sekian lama berada di ‘dunia lain’ tersebut :

1. Setidaknya ada beberapa saat dan dalam hitungan menit, maniak FB yang update status dengan broken heart story. Hahahaha, istilahnya ngadu lagi galau, patah hati, dsb. Kayak FB bakalan ngilangin rasa sakit hati aja, atau sekedar minta empati atau simpati dari orang lain. Kalau dipikir-pikir, masalah kayak gitu kan ‘biasanya’ bersifat pribadi. Rasanya kayak ngomong pelan-pelan tapi pake microphone di depan umum. Nggak malu ya?

2. Pasti ada aja kata-kata kotor, makian, kutuk-mengutuk yang ditujukan kepada seseorang. Menurut aku sih, itu ulah orang-orang yang pengecut. Kalau nggak suka sama seseorang, ngomong langsung dong. Ngata-ngatain lewat facebook nggak ada gunanya. Pesanku nih, buat ‘korban-korban’ dari orang yang hobinya kayak gitu, postive thinking aja, sabar. Oke?

3. Pernah dong baca pesan Wall-To-Wall yang kayak gini : A ke B = ” sayang lagi ngapain?” B ke A = ” nggak ada tuh..” A ke B = ” aku kangen kamu, love you :*” B ke A = ” love you too :*” Huaahahahahaaaaa, huueeeekkksss. Mau gangguin tapi rasanya gimanaaaa gitu, yaudah, ketawa aja. Apalagi kalo ada yang lagi berantem, seru tuh. Geli banget. Nggak malu ya kalau misalnya yang baca itu orang tua kalian, guru, atau malah teman-temannya? Aisshh, horrible.

4. Ada juga orang-orang yang ‘terlalu rajin beribadah’, sehingga berdoa pun bisa melalui Facebook. ” Ya Allah, blablabla…” Ampun deh, kayaknya Allah juga punya FB deh. Bukannya aku bermaksud melcehkan atau gimana, tapi kalau memang niatnya berdoa, kan lebih afdol kalau dilakukan dalam sholat, atau berdoa lainnya. (Menurut agama dan kepercayaan masing-masing ya).

5. Dan yang lebih konyol lagi, ada yang ‘hidup’ di Facebook. Pokoknya kayak punya kehidupan lain gitu. Get what I mean? Aku sih nggak terlalu ambil pusing buat kasus yang ini, mungkin aja mereka cuma ngelakuinnya just for fun atau alasan lainnya. Tapi tetap aja sih, buat aku yang kayak gini kesannya menyedihkan. Kayak yang nggak ada teman di dunia nyata atau gimanaaaa gitu. Entahlah, aku juga nggak ngerti.

Saya mengakui kalau saya juga seorang facebook-a-holic, akan tetapi saya menjamin saya tak termasuk dalam kategori segila itu. I’m crazy with my own style, don’t need facebook to be the one. Intinya, teknologi canggih terkadang membodohi kita. ‘Main’ sama teman-teman via Facebook itu nggak seasik main sama teman-teman di dunia nyata deh.

Namun dibalik hasil pengamatan negatif diatas, pengamatan yang hasilnya positif juga ada. Semua cerita punya dua sisi kan? Hahaha. Tulisan ini murni PENDAPATKU, mungkin ada teman-teman penulis lain yang berpendapat kurang lebih sama. Mungkin juga ada teman-teman pembaca yang tak sependapat denganku. Komentar dan masukkan boleh dikeluarkan.

Kita bebas berpendapat kan? 🙂

Leave a Reply

